In Goyang Lidah

Mantapnya Babad Gongso Semarangan di TIM



KANGEN menu Semarangan? Khususnya Babad Gongso? Dimana dapat menikmatinya di Jakarta?

Mungkin sudah banyak yang tahu yaaa. Khusus bagi teman-teman yang belum tahu, di Komplek Taman Ismail Marjuki (TIM), Jl. Cikini Raya, Jakarta Pusat ada yang jual aneka menu Semarangan. Jika anda ke komplek yang ternama dengan budaya seni ini, ada deretan warung. Salah satunya Warung Makan Semarang yang menyediakan menu Babad Gongso, Lumpia Semarang, Nasi goreng kambing, nasi goreng babad, nasi goreng telor, sop buntut, sop iga sapi, dan tak ketinggalan menu soto Surabaya.

Komplek TIM nan asri dengan teduh rindang pepohonan, membuat betah berlama-lama menikmati menu kulinernya. Jika anda masuk setelah melewati gerbang pintu masuk, dan ambil tiket parkir, maka sederetan warung di sebelah kiri berjejer. Tinggal pilih saja. Macam-macam menunya.

Aku mampir di TIM, pada Minggu, 28 Desember 2014 kemarin. Bareng teman, aku pilih menu di Warung Makan Semarang, letaknya di tengah-tengah deretan. Soalnya lagi pengen makan menu Babad Gongso. Lamaaa banget ga mencicipi menu khas Semarang, Ibukota Jawa Tengah ini. Namanya juga ‘ilat’ (lidah) Jowo, gampang kangen rasa dan aroma menu asal Heheheeee. Setelah pesan, tak lama kemudian jadilah pesananku. Ada babad Gongso, Tahu Gimbal, dan tongseng. Namun tongsengnya agak beda, mirip gule, berkuah hehee.

Menikmati Babad Gongso seharga Rp. 20 ribu/ porsi lumayan sedap menuntaskan kangen. Namanya juga babad, jadi kenyal-kenyal, agak licin juga, mesti pake sendok ajah lebih mudah daripada garpu. Warnanya coklat kehitaman, lumayan empuk sih, karena daging direbus dulu sebelum digongso alias ditumis. Bumbu manis pedasnya terasa, ada cabe dan rasa ketumbar. Sedap mantap, beneran.

14198430991796591550
Ini dia Babad Gongso ala TIM. (Ganendra)
14198431652109256770
Tahu Gimbal ala TIM. (Ganendra)
1419843522767679916
Tongseng ala Warung Makan Semarang. (Ganendra)
Selain babad gongso nyobain juga Tahu Gimbal. Menu seharga Rp. 14 ribu / porsi ini terdiri dari tahu dan gimbal atau bakwan yang telah digoreng diiris kecil-kecil dicampur dengan sayuran lalu dikasih bumbu kacang. Rasanya? Pedas kayak kethoprak, gado-gado. Lalu nyicipin tongsengnya yang berkuah seharga Rp. 23 ribu/ porsi. Biasanya sih agak kering yak. Lumayanlah segar dan daging kambingnya empuk. Sebagai minuman pasanagnnya selain air putih, aku pilih es beras kencur. Dinginnya terasa segar. Biasanya dulu sering beli di penjual jamu gendong di kampung.
141984306460676393
Es beras kencur, segar dan sehat laa yauu. (Ganendra)
Nah bagi teman-teman yang kebetulan lewat TIM atau lagi kangen menu Babad Gongso Semarangan, bolehlah mampir di Komplek TIM nan asri ini. Babad Gongsonya sedap mantaapp kok. Asli paporit guwe mah hehee…. Selamat mencoba dweeehh. (MasLahab)
#SalamKenyang
@rahabganendra
14198432781629211217
Ini dia menu dan harga Warung Makan Semarang. (Ganendra)
14198432152131016760
Ramai juga yaaa, Warung Makan Semarang-nya. (Ganendra)

Artikel ini ditayangkan juga di Akun Kompasiana milik Penulis berjudul=  Sedap Mantap Babad Gongso Semarangan di TIM

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Featured Post

Saat Tau Makanannya Gak Enak, Food Blogger Mesti Motret, Gimana Ya?

SEBAGAI Food Blogger kecuali sering icip-icip makanan dan minuman beraneka rupa, dalam   menuliskannya tentu sangat butuh foto-foto...

Google+ Followers

Viva LOG