In Goyang Lidah Review

Kedai Ketan Susu Cilandak, Arena Hangout Asyik



Makan Lahab. Makanan ketan susu sudah lumayan populer di masyarakat khususnya penggemar kuliner. Jenis menu olahan ketan ini memang bisa menjadi menu pengganjal yang lezat dan cukup mengenyangkan. Konon sejak 1950 an menu ketan dari olahan beras ketan ditambah parutan kelapa dan topping susu ini sudah diperkenalkan. Aku sendiri mengenal ketan susu dari olahan Ibu di kampong semasa kecil Biasanya olahannya menggunakan ‘topping’ kacang tholo. Tau khan? Kacang berwarna merah dan seukuran dengan kacang tanah itu. Unik di lidah antara rasa beras ketan dan kacang tholo ditaburi parutan kelapa. 

Tak heran jenis menu ketan susu ini menjadi lirikan para pebisnis kuliner di kota-kota besar maupun di daerah. Ada khan penjual ketan di daerah anda? Meski mungkin dengan topping berbeda. Nah, khususnya di Jakarta menu ini telah merambah di berbagai tempat. Pernah coba ketan susu di Kemayoran yang lumayan populer banget, meski tempatnya sederhana? 

Kedai Ketan Susu Cilandak

Kedai Ketan Susu Cita rasa yang berbeda, ‘kreatif’ dari tangan-tangan pengolahnya menjadikan ketan susu bernuansa rasa yang memiliki keunikan tersendiri. Adalah Kedai Ketan Susu Cilandak, Jakarta Selatan yang menggeluti bisnis menu ini. Sebenarnya bukan hanya makanan desert ketan susu sih, ada ragam menu yang lain. Namun label Kedai Ketan Susu dipilih pemiliknya, Pak Iman. 

Menu ketan susu dengan topping susu yang ditawarkan di kedainya memang unik dengan rasa menggelitik. Citarasa hasil dari ‘petualangan’ resep ketan susu miliknya berjalan cukup panjang. Kecintaannya pada masakan nusantara plus ‘keahlian’ memasak warisan lingkungan keluarganya membuat Pak Iman berhasil menemukan cita rasa menu ketan susu yang ‘something different’ yang ditawarkan di kedainya.

Something different apanya?

Dari pengalamanku icip-icip ketan susu ala Kedai Ketan Susunya Pak Iman ini, hal yang pertama berkesan adalah sajiannya yang cantik. Menggunakan mangkok kecil, beras ketannya nampak menjulang bertabur warna putih kental, toppingnya. Lihat topping full cream-nya ajah udah keliatan sedap lhooo. Tak butuh waktu lama untuk berselera makan ketan susunya.  Lhaa wong menggiurkan getuuu heheee.




Rasa pekat kental dan manis langsung menggelitik lidah. Begitu juga saat ketannya tercicip. Pulen banget. Jadi inget beneran ketan kampung ala Ibuku. Hiks. Pulen bukan hanya dari beras ketan terbaik namun juga ditanak dengan kematangan yang tepat.  Begitu menempel lidah, wow… kenyal pulennya ketan sensasional berkolaborasi dengan kelembutan susu kental manisnya yang semakin mempermainkan lidah.

Pulen ketannya memang sangat dijaga kualitasnya oleh Pak Iman. Pilihan beras ketan impor dilakukan demi semata-mata aspek kualitas. Namun bukan berarti beras ketan dalam negeri tak berkualitas lhoo. Yang jelas beras ketan pilihan Pak Iman sudah sangat terpercaya. Sehingga selama jalan empat tahun berdiri, tak mengecewakan konsumen. Malahan banyak penggemarnya lhoo. Oh iyaa…. ketan susunya tersaji dengan berbagai rasa seperti rasa duren (seperti yang aku coba), srikaya dan alpokat. Semuanya bikin ngiler dah. Bagi yang merasa kurang ‘nendang’ alias kurang lagi, seperti aku, tinggal tambah lagi deh. Heheee   Harganya? Mulai dari 10K-Rp20K aja.


Nasi burih maknyosss



Mie Nyemek yang aku cicipin. Nikmat.



Eh jangan khawatir kalau pengen menu lainnya. Ada kok ragam menu lainnya, seperti nasi sambal peda, nasi burih, nasi ayam madu, roti bakar dan lain-lain. Ada juga menu aslu karya Pak Iman yang patut dicoba, seperti Mie Telor kari ayam, Mie Godhog Nyemek, telor nanggung dan lain-lain.  Aku sempat cobain juga Mie Godhog Nyemeknya. Seporsi dengan mie yang basah-basah getu. Lumayan enak, citarasa ala nusantara. Hehehe. Harga berkisar antara 20K-40K.

Segarnya es sereh.
Ada juga minumannya, tinggal pilih, es kopi, kopi, teh, jahe asem, wedang jahe, jus Lidah Buaya, Teh Sereh Wangi dan masih banyak lagi.  Rerata masakan menunya memang ala rumahan, warisan keluarga Pak Iman. Sebagai contoh nasi burih yang berbentuk nasi pepes dengan ati ampela, rempah-rempah plus telur ayam. 

Uniknya lagi di Kedai Ketan Susu tersedia buah-buahan segar dari kebun sendiri. Jadi kualitas buah juga terjaga karena buah dari perawatan cermat Pak Iman. Boleh tuh dicoba kesegaran pepayanya. Hehee.


Aneka buah dari kebun sendiri

Tempat Hangout yang Asyik Punya

Selain menu-menu variatifnya itu, Kedai Ketan Susu bernuansa kesegaran alami. Arena makan adalah di luar ruang karena Kedai berdesain tropikal minimalis. Rindang dengan pohon besar di samping Kedai. Teduh dan berasa angin sepoi-sepoi dan segar alami. Tersedia WIFI yang menambah betah hangout disini. Juga asyik banget untuk nongkrong dengan teman-teman atau bahkan untuk pertemuan seperti acara ultah, arisan dan lain-lain. Ada ruangan yang tersedia dan muat sekitar 30 an orang. Parkirannya lumayan, untuk motor saya taksir muat 30-40an tanpa mobil. Kalau mobil mungkin sekitar 5 saja. 

Bukan hanya itu kenyamanan pengunjung dijamin dengan adanya toilet yang bersih. Juga ada mushola yang unik. Ruangnya ada di bagian belakang. Unik dengan fasilitas wudhunya dengan 2 kran atas bawah, sehingga memudahkan untuk membasuh kaki. Sooo nyaman dan aman beribadah deh. 

Mushola yang cantik

Suasana adeemmmmmm alami

Nuansa air yang makin bikin ayemm

Cocok buat hangout keluarga.

Ada ruangan cukup luas buat rame-rame.

Cocok buat acara rame-rame bareng komunitas.
Penasaran dengan Kedai Ketan Susu Pak Iman ini? Datang saja lokasi Kuliner Jakarta Selatan ini, Kedai Ketan Susu, Jl. Cilandak Tengah No.3 - Jakarta Selatan, tepatnya di belakang Cilandak Town Square, ada jalan di sampingnya. Lurus aja, ga nyampe sekilo. Ada angkutan umum, jadi simple saja.

Kedai Ketan Susu ini buka tiap hari kok Senin- Sabtu : 09.00 - 22.30 wib dan Minggu : 08.00 - 21.00 wib. Kalau mau tanya-tanya dulu telpon aja ke (021) 96313585. Atau mau lihat-liat menu-menunya dulu?  Folow aja sosmednya, juga klik websitenya:

Twitter : @kedai_tansu
FB : Ketan Susu Cilandak
Instagram : @ketansusu 
www.ketansusu.webnode.com

Oke dah, selamat mencoba ketan susu di Kedai Ketan Susu Cilandak, tempat kuliner enak di Jakarta Selatan yang nikmat. selamat nongkrong ajah bareng dengan menu-menu cinta ala resep keluarga. #SalamKuliner

@rahabganendra

Semua foto milik Penulis.
  

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Featured Post

Saat Tau Makanannya Gak Enak, Food Blogger Mesti Motret, Gimana Ya?

SEBAGAI Food Blogger kecuali sering icip-icip makanan dan minuman beraneka rupa, dalam   menuliskannya tentu sangat butuh foto-foto...

Google+ Followers

Viva LOG