In Event Goyang Lidah

Berburu Jajanan Batak di Festival Kuliner Serpong

Terus terang aku termasuk jarang menikmati kuliner budaya Batak. Jarang bukan berarti gak pernah lhoo. Soalnya sebagai penikmat kuliner alias ‘penggila’ kuliner ‘wajib dunk mencicipin anek kuliner. 

Mendengar kuliner Batak, mungkin sebagian orang akan langsung teringat ke menu olahan non halal yang populer di tanah air. Termasuk aku juga sih. Pernah dengar dari teman-teman asal Sumatera Utara jaman kuliah dulu, tentang menu saksang dan panggang, jenis olahan B2. Tapi gak juga loorr. Beberapa aku tahu menu kuliner halal seperti lapchoi, nasi ayam medan, juga minuman segarnya es campur medan, dan tentu es durian. Kawanku yang asalnya asli Batak bilang ada cita rasa khas menu Batak yang membedakan dengan kuliner daerah lainnya. Nah jadi pengen nyicipin menu Batak deh. Ayuklah.

Tak perlu jauh-jauh ke tanah Batak untuk berburu dan menikmati aneka menu olahan budaya Batak. Adalah Summarecon Mal Serpong di Tangerang yang menggelar agenda tahunan berkaitan dengan kuliner. Kali ini mall yang populer di tangerang itu menggelar Festival Kuliner Serpong (FKS) 2015 bertema ‘Horas…Beta Mangan Hita’ dengan sajian aneka khas menu makanan suku Batak! Mulai 14 Agustus 2015 sampai 6 September 2015 mendatang di Parkiran Selatan SMS, kita bisa ‘berburu’ makanan serba olahan dari tanah Sumatera Utara ini. Tapi jangan khawatir, ada juga menu di luar Batak. jadi makin lengkap dan bervariasi. Lalu apa saja primadona kuliner Batak yang wajib dicicipin? 

Lontong Medan Alay nan Sensasional

Khas Medan banget ini mah. Ada di salah satu booth, lontong sayur Medan Alay ini disajikan dengan sayur gurih. Rasa gurihnya semakin kental dengan tambahan udang, labu siam dan kacang panjang. Pilihan lauknya juga banyak, disamping nasi hangatnya. Pilih aja sesuai selera, ada telor balado, ayam kari, sambal, rendang, ayam goreng, cumi, teri hingga ikan asin. Soal harga, kita hanya merogoh kocek sekitar Rp 14.000 hingga Rp 32.000. Coba euyyy

Bikin ngileeerrrrrrrrr... (Ganendra)
Lapchoi Halal ala FKS 

Nah tentu saja kuliner Medan tak lengkap tanpa Lapchoi yaaa.. Jajanan ini merupakan menu sajian campuran jenis sayur kangkung, tauge, tahu tau-kwa ditambahkan dengan potongan udang gulung goreng tepung, udang goreng tepung dan kerupuk udang. Campuran itu lalu disiram dengan kuah kental asam manis. Gurihnya udang semakin membuat menu ini bercitarasa, teksturnya yang lembut komplit dengan taburan wijen yang gurih dan acar ketimun. Jika kurang pedas tersedia sambel giling, sesuai selera kita. Biasanya sih dagingnya menggunakan daging bak alias babi, namun Lapchoi di FKS ini diganti dengan udang. Tujuannya? Jelas agar bisa dinikmati banyak orang. Rasanya tak kalah dengan aslinya kok. Gurih dan otentik rasa lapchoi khas Medan. Beneran deh mesti dicoba Lapchoi halal ini, harganya di ajang FKS Rp 42.000 per porsi. 

Menggodaa... (Ganendra)

Nasi Goreng Teri Medan nan Gurih

Keren loorr, banyak ragam nasi goreng alias nasgornya. Tentu saja ada nasi goreng teri Medan yang gurih selain itu ada juga nasgor teri balado, nasgor babat dan nasgor pete. Menurutku sih, setiap nasgor punya citarasa masing-masing, yang pastinya jempol deh. Kisaran harga antara Rp 20.000 - Rp. 48.000. Lumayan buat kangen-kangenan nasgor ala Medan bah, hehehee.

Es Campur Medan yang Menyegarkan

Nah, salah satu yang menarik, di ajang FKS ini banyak banget jajanan es. Pastinya cocok, karena pas siang lumayan terik. Tapi jangan khawatir, banyak kok tempat atau meja dengan penduhnya. Lumayan bisa menikmati kesegaran es sambil santai. Es Campur Medan. Ini cocok banget, menyegarkan. Ada beberapa bahan yang disatukan dalam es campur Medan. Diantaranya ada kolang kaling, cincau hitam, kacang merah, selasih, santan dengan siraman gula merah yang agak kental. Eh ada lagi campuran spesialnya, jelly mutiara!! Asli segar banget. Harganya satu porsi mangkok Rp. 28.000. Ohyaa kalau gak suka terlalu manis, tinggal bilang aja untuk dikurangi gulanya. Aku termasuk yang sukanya rasa manis sedang-sedang saja. Sesuain aja dengan selera. Heheee

Segaarrrnyaaaaa... (Ganendra)

Eh selain es campur Medan, ada seger-segeran lainnya loorr, mesti bukan khas Medan. Layak dicoba deh hehee. Ini dia.

Es Krim Bakar nan Unik
Es krim yang unik dengan bahan roti tawar berukuran lumayan. Ada beragam toping yang ditambahkan, seperti ceres. Lumayan asik menikmatinya, digigit rotinya berpadu dengan dinginnya es krim di atasnya. Segaaarrr.
Ngencesssssss.... (Ganendra)

Es Durian nan Menggigit
Ada lagi minuman segar yang tersedia di FKS. Es durian. Ini juga menyegarkan. Aku demen banget durian. Dan pastinya tak banyak campurannya, jadi citarasa durian aslinya terjaga. Sedap mantaapp!!

 
Segerrr tenannn... (Ganendra)

Nah itu dia jajanan yang layak ‘diburu’ untuk di icip-icip di ajang Festival Kuliner Serpong. Jajanan khas ala budaya Batak yang tentu bercita rasa khas. Anda layak mencobanya. Datang saja ke lokasi di pelataran parkir selatan Summarecon Mal Serpong. Jangan sampe telat, festival berakhir pada Minggu, 6 September 2015 loorrr. Buruaann!!!

#SalamKenyang

@masLahab @rahabganendra

Semua Foto Dokumen pribadi

Artikel ini ditayangkan juga di Akun Kompasiana milik Penulis dengan judul=

Berburu Jajanan Batak Primadona di Festival Kuliner Serpong

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Featured Post

Saat Tau Makanannya Gak Enak, Food Blogger Mesti Motret, Gimana Ya?

SEBAGAI Food Blogger kecuali sering icip-icip makanan dan minuman beraneka rupa, dalam   menuliskannya tentu sangat butuh foto-foto...

Google+ Followers

Viva LOG