In Tips Kuliner

Bagian Ayam yang Ini, Hindari Yaaa



Siapa sih yang tak doyan ayam. Terlebih ayam kampong. Kalau digoreng…waah maknyuss tenan dimakan dengan sambal bawang plus nasi hangat. Manstap. 

Disamping kelezatan daging ayam dengan anek aolahan, ternyata kandungannya sangat bermanfaat. Ada proteinnya yang tinggi, rendah lemak. Hampir setiap bagian dari ayam bisa diolah menjadi hidangan yang lezat. Mulai dari paha, dada, sayap, kepala, pantat, hingga ceker. Tau khan, banyak makanan yang dijual dengan mengangkat menu ceker. Ada mie ayam ceker, goreng ceker, dan lain-lain. 

Tapi dibalik kelezatan daging ayam itu, ternyata ada bagian dari ayam yang tak bagus untuk dikonsumsi. Pasalnya memiliki risiko mengganggu kesehatan. Sarannya sih yaaa jangan dikonsumsi. Atau kalau tetep ngiler, yaaa jangan banyak-banyak deh makannya. Apa aja sih bagian yang sebaiknya tak dikonsumsi itu.


Leher 

Wah ini juga banyak dijual. Kepala plus bagian lehernya. Jangan makan kulit leher ayam dan trakea (batang tenggorokan). Ternyata ini tempat pembuluh darah dan kelenjar getah bening secara relatif terkonsentrasi di bagian ini. Beberapa kelenjar detoksifikasi terkonsentrasi pada lemak di leher, yang mengandung banyak kolesterol tinggi. Apalagi seringnya bagian leher menjadi tempat suntikan obat-obatan. Wahhh sebaiknya gak usah konsumsi bagian ini deh.

Brutu 

Wahhh ini demenankuuh. Serius. Brutu atau pantat ayam adalah bagian yang enak kalau digoreng ataupun dicampurin di menu nasi goreng. Kenyal, empuk. Nasi Goreng Brutu. Top banget itu mah. 

Tapi ternyata brutu tak baik dikonsumsi, pasalnya brutu merupakan tempat berkumpulnya kelenjar getah bening. Makrofag dalam kelenjar getah bening dapat menelan bakteri dan virus, bahkan juga mampu menelan karsinogen (zat penyebab kanker), tapi tidak bisa mengurai, sehingga racun akan mengendap di dalam pantat ayam.

Eh pas ayam disuntik antibiotik,  ada beberapa antibiotik yang larut dalam lemak. Jika waktu penyuntikan dan penyembelihan terlalu dekat, maka antibiotik yang larut dalam lemak akan tertelan ke dalam tubuh, Ini bahaya, bisa menyebabkan kanker pencernaan atau hati.

Kulit 

Ini juga bagian yang enak. Sate kulit ayam jossss. Tapi…. Kok yaa ga bagus tho. Sedih deh. Hiksss. 

Menurut penelitian banyak antibiotik, hormon, racun yang larut dalam lemak terdapat di dalam kulit hewan, termasuk ayam.  Ini memungkinkan akan memengaruhi metabolisme racun hati. Terus kalau kulit dibakar, setelah proses pemanggangan, kolesterol pada kulit ayam teroksidasi, membentuk hasil oksidasi kolesterol, yang akan menyebabkan bahaya kesehatan pada tubuh. Sebaiknya kulit ayam dibuang dulu, sebelum memasaknya.

Duh, jadi bagian yang bisa dikonsumsi tinggal dada, paha dan sayap dong…eh masih ada ding…teloorrr. Itu pasti nikmat. Sooo… atas nama kesehatan, yaaa pilih-pilihlah bagian yang sehat saja. Mesti agak mahalan namun sehat itu lebih penting. #SalamMadyang

@mas_lahab

Sumber foto cover: http://exelbyfoods.co.uk/wp-content/uploads/2015/11/Whole-Chicken.jpg

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Featured Post

Saat Tau Makanannya Gak Enak, Food Blogger Mesti Motret, Gimana Ya?

SEBAGAI Food Blogger kecuali sering icip-icip makanan dan minuman beraneka rupa, dalam   menuliskannya tentu sangat butuh foto-foto...

Google+ Followers

Viva LOG