In Ole Ole

Abon Kepiting dan Ikan, Oleh-oleh Khas Kalimantan

Abon kepiting, ikan gabus dan ikan tuna. (Foto @bozzmadyang)
Hi #madyangers apa acara akhir pekan ini? Jalan-jalan kulineran dong yess heheee. Jangan lupa beli oleh-oleh buat orang-orang yang dicintai.

Bicara soal oleh-oleh, aku jadi ingat oleh-oleh khas Balikpapan, Kalimantan Barat. Tau khan di sana tenar dengan olahan dari bahan ikan.

Ceritanya aku dikirimin teman yang bermukim di Balikpapan. Teman ketemu gede hehee alias teman yang awal kenal di social media. Udah aah, kembali ke laptop. Hahaa

Soal oleh-oleh khas Balikpapan ini ada beragam Abon. Yaa abon, biasanya kenal dengan abon dari daging sapi. Abon sapi. Namun ternyata di Balikpapan, aneka abon dibuat dari bahan ikan.

Ceritanya aku dikirimin abon ikan tuna, gabus dan kepiting! Yaa kepiting loorrr. Ada dua macam rasa, yakni Abon kepiting rasa original dan bumbu. Bahannya sihh daging kepiting, santan, gula, rempah-rempah.

Bisa bayangin gak, berapa ekor kepiting yaaa untuk bikin Abon kepiting seberat 50 gram dalam tiap kemasannya. Rasanya? Enak dan gurihhh. Hehee
Abon kepiting (Foto @bozzmadyang)
Kalau Abon Ikan Gabus ini khas Samarinda, Kaltim. Konon ikan gabusnya dari Hulu Sungan Mahakam yang terkenal segar dan alami. Komposisinya 90% gabus dan 10% bumbu.

Jadi pantas saja berasa banget ikan gabusnya. Aroma ikannya sekuat Abon ikan tuna. Lezat, gurih dan nikmat. 

Ada lagi Amplang Bumbu. Sejenis kerupuk dari ikan. Ada ikan pipih dan bandeng. Renyah dan gurih dengan aroma tekstur ikan yang terasa banget. Maklum saja komposisinya 40 % ikan, 40% tepung tapioca dengan 20% terdiri dari telur dan bumbu. 
Amplang ikan Pipih (Foto @bozzmadyang)
Keripik ikan. Ini olahan jenis keripik dari ikan Jambrong. Layaknya keripik, ikan-ikan ini diolah kering hingga teksturnya jadi ‘kemripik’. Tak terlalu renyah dengan rasa sedikit asin namun gurih. Di dalam kemasan sudah lengkap ada sambalnya. Cocok buat lauk pakai nasi hangat. Maknyooss hehee.
Keripik ikan Jambrong (Foto @bozzmadyang)
Kue Lidah Sapi. Ini jenis kue seperti kebanyakan. Padat tepung berasnya namun empuk. Rasa manis karena memang dicampur gula merah dan gula pasir. Nikmat untuk camilan di waktu senggang. 
Kue lidah sapai (Foto @bozzmadyang)
Sooo, jangan lupa #madyangers kalau maen ke Kalimantan tuk beli oleh-oleh itu. Pastinya beda rasa dengan produksi di Jawa khususnya.

Getuh ajah, sampai jumpa di oleh-oleh khas kota lain yaaa. #SalamMadyangers

Twitter/Instagram: @bozzmadyang

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Featured Post

Saat Tau Makanannya Gak Enak, Food Blogger Mesti Motret, Gimana Ya?

SEBAGAI Food Blogger kecuali sering icip-icip makanan dan minuman beraneka rupa, dalam   menuliskannya tentu sangat butuh foto-foto...

Google+ Followers

Viva LOG