In Event Review

Bikin Minuman Sekelas Café Simple Pakai Nescafe Dolce Gusto Manual

  Lihat video tutorial cara menggunakan mesin kopi NDG ini.(Dolce Gusto)


NESCAFÉ Dolce Gusto Piccolo? Apa itu? Ternyata itu adalah mesin pembuat minuman baik panas maupun dingin. Mesin ini adalah inovasi terbaru NESCAFÉ Dolce Gusto  dan tercatat sebagai satu-satunya mesin pembuat minuman panas dan dingin  di Indonesia. Woww.

Beruntung aku menjadi bagian dari peluncuran Mesin Kopi Dolce Gusto pada Kamis, 27 April 2017 di Leon café, Jakarta Selatan. Acara yang dihadiri ratusan hadirin itu berlangsung meriah banget looor. Dengan dominasi kostum hitam-hitam acara peluncuran menghadirkan beragam perform, dari model hingga DJ. Maka music rancakpun berdentum sepanjang acara. Seruuu. Tak terasa acara yang mulai jam 20.00 wib itu berjalan.


Penampilan model dengan membawa Piccolo saat launching (Foto GANENDRA)
Dan yang terpentingnya adalah aku berkesempatan menjajal mesin kopi keluaran NESCAFÉ Dolce Gusto, yakni NESCAFÉ Dolce Gusto Piccolo.

Ini mesin yang bikin mudah kita saat bikin kopi dan semacamnya. Mau dingin atau panas oke saja. Dan kerennya mesin ini berasa canggih karena bisa disetting menggunakan aplikasi yang berfungsi untuk membantu mencapai takaran ideal.

Sementara di berbagai sudut terlihat beberapa stand meja dengan Mesin Kopi Dolce Gusto yang lengkap dengan barista pemandunya. Aku pun penasaran juga ingin tau lebih banyak tentang mesin kopi yang bisa menghasilkan minuman kelas café ini. Lebih pengen lagi untuk mencoba bikin minuman ala barista hehee.

Mesin Kopi Dolce Gusto, Apa sih Itu?

Mesin Kopi Nescafe Dolce Gusto Piccolo yang kuliat adalah seri manual. Mesin ini ringan dan ramping bentuknya. Rasanya  cocok diletakkan di setiap sudut ruangan rumah. Tak heran produk ini disukai di banyak negara. Sudah ada di 84 negara brooo sejak diluncurkan di Swiss, Jerman dan Inggris pada 2006.

Mesin ini adalah alat untuk membuat minuman baik panas maupun dingin dalam waktu relatif singkat. Aman dan praktis. Cepat karena dalam waktu singkat kita tetap bisa menikmati sajian sendiri minuman ala café. Kebayangnya gak kalau kita bisa bikin minuman sendiri ala café, seperti espresso, cappuccino, ice Nestea peach hingga cokelat panas?  Seru khan yaa.

Ini yang menjadi keunggulannya.  Menikmati ‘me time’ dengan hasil racikan kopi sendiri. Soalnya dengan mesin kopi ini kita menyajikan banyak sekali varian minuman praktis dan cepat gak ribet.
Piccolo. (Foto GANENDRA)

Menjajal Nescafe Dolce Gusto Piccolo Manual

Dipandu dari Mas-mas dari NESCAFÉ Dolce Gusto, aku bersama kawan Nunik dan Lidya, menyimak penjelasannya cara dan pengenalan mesin kopi ini.  Mesinnya bentuknya tak terlalu besar dan jenis Nescafe Dolce Gusto Piccolo Manual. Sesuai dengan namanya Piccolo yang dalam bahasa Italia berarti kecil. Mesin ini dihubungkan dengan bantuan aplikasi mobile Dolce Gusto Timer. Untuk apa yaa?

Timer ini ternyata untuk memudahkan kita dalam menghasilkan minuman dengan kualitas café. Yaa kualitas café, karena dengan takaran yang sesuai jenis minuman/ kapsul yang ada di daftar aplikasi.

Nah aku menjajal minuman Café Au Lait, diantara varian lainnya, seperti espresso dan cappuccino. Café Au Lait ini adalah varian favoritku. Dan aku suka dengan minuman varian ini yang dingin. Makanya aku langsung pilih varian ini.

Dimulai dari menyalakan power mesin dengan hanya memencet tombol power hingga lampu hijau menyala. Eh ada sistem Thermo Block yang dapat menyalakan pemanas kurang dari 30 detik untuk memastikan brewing kopi pada suhu yang tepat.

Lalu memasukkan kapsul ditempat tersedia. Ada teknologi kapsul pintar yang dapat beradaptasi dengan tekanan berbeda-beda sesuai dengan keperluan masing-masing varian kapsul. Kapsul berbentuk kecil saja, dengan aneka varian. Tinggal pilih sesuai selera.

Cara meletakkan kapsul juga simple saja, tarik, letakkan, dan masukkan lagi. Di bagian belakang ada penampung air hingga 0,6 liter. Selesai itu, lalu tinggal buka aplikasi mobile Dolce Gusto Timer. Aku sebelumnya sudah menginstalnya. Aplikasi ini mudah kok, seperti menginstal aplikasi lainnya. Dapat ditemukan di iOS dan Android.
Dengan Piccolo hanya dalam hitungan detik, meracik kopi sekelas cafe. (Foto GANENDRA)
Ada tombol manual di sisi atas. Ada warna biru dan merah. Biru untuk dingin dan merah untuk panas. Sesuai kebutuhan kita. Tombol ini bisa digeser kea rah yang kita mau. Tombol digeser setelah kita memencet tombol start di aplikasi.

Misalnya aku membikin Café Au Lait, maka aku pilih fitur menu varian tersebut, lalu muncul timernya. Ada tampilan START. Pencet lalu beralih geser ke tombol manual. Dalam hal ini aku geser ke warna biru, dingin.

Sooo tinggal tunggu deh. Misalnya waktu yang tertera 8 detik maka tunggu 8 detik, maka aplikasi akan berbunyi jika waktu habis. Setelahnya kita balikin tombol manual ke sisi tengah, netral. Maka jadilah minuman nikmat Café Au Lait ala barista Bozz Madyang hehee.

Eh setelah mesin tak dipakai gak perlu matikan tombol power, soalnya akan off otomatis. Simple khan.

“Mesin ini akan mati dengan sendirinya apabila mesin tidak digunakan selama lima menit,” kata Masnya.

Jadi ternyata ada fitur Eco Mode System yang dapat menghemat energy. Sooo gak boros listrik jadinya khan.

Kopi dan Identitas, Ada di Nescafe Dolce Gusto   

Dengan kepraktisan ‘ngopi’ menggunakan  Nescafe Dolce Gusto Piccolo Manual ini, kita bisa membikin kopi, dengan racikan sendiri sesuai selera. Dari ragam varian kapsul yang ada bisa berkreasi membuat aneka minuman. 
Bisa bikin sesuai ‘gaya Loe’ deh. Laaa kita bisa eksperimen tanpa batas aneka minuman. Bagiku tiga kata untuk mesin kopi ini, “Cool banget Piccolo.” Dan pastinya varian kapsul itu mudah diperoleh, seperti di  mall besar dan Carefour.

Kalau istilah juara Indonesia Barista Competition 2012 Doddy Samsura, bahwa tiap orang kini memiliki standar dan kreativitas sendiri dalam membuat kopi, yang pada akhirnya menjadi ciri khasnya. Tren yang ada saat ini adalah ‘kopimu, identitasmu’.

Menurut Doddy, dua orang bisa saja sama-sama memesan hot cappuccino tapi dengan gaya yang begitu bertolak belakang mulai dari pilihan susu, pengaturan layer dan foam, hingga rasa yang diinginkan.

Hal itu diamini juga pecinta kopi sekaligus fashion designer Nina Nikicio bahwa berkreasi dengan mesin kopi yang memiliki karakter serupa dengan yang ia sukai menjadi keasyikan tersendiri.

Bagnya, fashion is a statement. Hal ini berlaku juga untuk pilihan desain tiap orang, baik untuk interior, arsitektur, maupun perlengkapan rumah tangga. Kesemua hal tersebut dapat menggambarkan karakter dan identitas masing-masing orang.

“Inilah yang membuat saya tertarik dengan NESCAFÉ Dolce Gusto Piccolo,” katanya.

Sooo kemudahan yang dihadirkan mesin kopi Nescafe Dolce Gusto Piccolo memberikan ruang-ruang bagi kita untuk menikmati kopi sesuai selera. Cocok  siih dengan diriku yang beraktivitas di kota besar Jakarta.

Tau khan di ibukota waktu berasa cepat berlalu, karena aktivitas tinggi dan kondisi kemacetan yang ada. Bahkan sekadar menikmati minuman pun mesti benar-benar meluangkan waktu sedemikian rupa.

Soo, dengan mesin kopi ini, kita bisa menikmati ‘quality time’ lebih bermanfaat. Jadi satu buah Piccolo cukuplah tersedia di rumah. Buat ngopi-ngopi cantik ala café berkelas dengan cara yang mudah.

Oh iyaaa, mesin ini sudah bisa diperoleh online lhooo di Lazada Cek aja yaa, soalnya sering ada promo. Jadi jangan sampai terlewat.

Selain itu bisa diperoleh juga di Best Denki, Centro, Farmers Market, Grand Lucky, Lotte Avenue, Metro, Ranch Market, Seibu, Sogo, Hartono yang tersebar di Jakarta, Surabaya, Bandung dan Bali secara bertahap mulai 28 April 2017. Silakan sabar menunggu, NESCAFÉ Dolce Gusto Piccolo di kota Anda.

Sooo, yukk ahh meracik minuman favorit kita dengan simple, mudah dengan Dolce Gusto Piccolo.

@bozzmadyang  @rahabganendra

Related Articles

48 comments:

Agung Han said...

Bozz madyang ngopi terus tambah jozz

Rahab G said...

enjoy and happyyyy :D

ceritanyahati said...

Sekarang ngopi nggak takut kantong jebol lagi ya sejak ada NDG Piccolo.

rahab ganendra said...

yuppp, lbh irit dapet kopi berkualitas sekelas cafee..nyuusss

Winny Widyawati said...

Wah mesinnya bisa mati sendiri kalo gak digunakan, aman banget dong ya.

rahab ganendra said...

dan jadinya hemat listrik ya mbak ;)

D. Pusupa said...

Bawa ke jogja bozz, pesta kopi di sana

bozz madyang said...

ribet n riweehhh :D

Alfan Renata said...

abis madyang kuterus ngopi.. abis ngopi yaa madyang lagi.. *nyanyik*

Imawan Anshari said...

Ngopi-ngopi semakin asyiik bangat ya Mas dengan si cool Piccolo, praktis bangat cara buatnya 😊

Ophi Ziadah said...

Quality time buat keluarga di rumah ditemani kopi2 syantik ala kafe

bozz madyang said...

swegerrrrrrr Pannn :D

bozz madyang said...

makin kuenceng an :D

bozz madyang said...

yuhuuuuuuuuuu....agree :D

Melly Feyadin said...

Jangan ngopi terus ya bos :D
eh tp klo mesin kopinya bikin gemes begini mah susah ditolak ya

Rahab G said...

ndak kok...buat menjamu kopi kawan...biar keliatan kerennn dan premium hehee

NiaNastiti said...

Aku suka part yg otomatis nge off sendiri, aman buat pelupa kayak aku :D

Rahab G said...

yuppp...bener mbak...aman dan irit listrik jadinya yaa hehee

Salma Saputra said...

pengen punya alat ini. biar bisa bikin kopi ala cafe sendiri di rumah.

Rahab G said...

hmmmm fungsional neh buat yg demen ngopi2 :)

Dewi Sulistiawaty said...

Iyaa, mesinnya otomatis mati kalo dah nggak digunain ya, jadi hemat listrik :D

syaifuddin said...

Kalo gitu kapan2 nongkrong di kafe rumahmu mas Rahab..

Rahab G said...

boleeehhh...tapi bawa kapsul yakkk hihii

Rahab G said...

hemat cocok ini buat ibu2..gak ngganggu blanja bulanan :D

Etty Mulyanti said...

Seduhin kopi dong bozz

Goiq said...

tambah semangat buat bikin banyak minuman di rumah nih

Rahab G said...

semangattt berkreasiihhhh minuman ala cafe rumah hahhaa

Rahab G said...

marii duduk sini...kuseduhin kopi racikanku yg pasti cetarrrrrr :D

Teddy Rustandi said...

Emang kece yah NDG Piccolo, bisa langsung pilih mau kopi panas atau dingin...met ngopi bang

Ety Budiharjo said...

Aku suka capucino, itu berarti identitas ku manis dan unyu2 ya mas...*maksain

Rahab G said...

happy ngopiii Tedd... :D

Rahab G said...

unyuuuuuuuuu wess :D

Dani Rachmat Kurniawan said...

Thermo block technologynya memang keren, eh keseluruhan mesinnya sih keren. Hasilnya oke pulak. cafè au lait yang saya pesen pas bener rasanya kemaren itu.

Evrina Budiastuti said...

bikin kopi ala cafe bisa banget ya berkat NDG Piccolo

Liswanti Pertiwi said...

Jadi pengen ngopi sama bos madyang neh

Rahab G said...

Siyaappp... Bawa kapsulnyaa yaa tehh hihiii

Rahab G said...

Yuukkk ahhh... Ngopi nyusuu jd simple hehee

Rahab G said...

Cafe au lait jg yah... Simple dan segar dah dingin2 :)

Tuty Queen said...

favorit ku cappucino kang..kental susu dan kopinya bisa diatur airnya sesuai selera, oke banget deh si Piccolo

Rahab G said...

bener...kita jadi bisa berkreasi minuman yesss

@unggulcenter said...

abis madyang mari kita ngopyang #halaah

Amiruddin - said...

enak ya bisa bikin kopi enak dirumah

Adriana Dian said...

Dalam waktu kurang dari 1 menit udah bisa minum cappuccino ala kafe buatan sendiri, emang luar biasa banget ya Piccolo iniiiii <3

NiaNastiti said...

Duh ada quotes terkait fashion juga, tapi mesin ini emang household appliance statement untuk yang suka simplicity :D

Rahab G said...

yoii bener mbak :)

Rahab G said...

praktis dan nyussssssss

Rahab G said...

sedap2 nikmat yesss

Rahab G said...

ngopiii nyuusuuuuuu :D

Post a Comment

Featured Post

Saat Tau Makanannya Gak Enak, Food Blogger Mesti Motret, Gimana Ya?

SEBAGAI Food Blogger kecuali sering icip-icip makanan dan minuman beraneka rupa, dalam   menuliskannya tentu sangat butuh foto-foto...

Google+ Followers

Viva LOG