In Goyang Lidah Review

Cantik dan Sehat dengan Sup Kolagen Bijin Nabe



Cantik dan sehat berkaitan dengan kondisi kulit dan kesehatan menyeluruh tubuh kita. Khususnya mendapatkan kulit sehat, mulus tak keriput itu diperoleh dari unsur kolagen. Ya kolagen yang diproduksi tubuh. Sayangnya kolagen seiring usia, tak bisa diproduksi oleh tubuh setelah usia 20 tahun. Maka asupan kolagen dari luar menjadi vital. 

Mengkonsumsi sup kolagen menjadi salah satu cara mendapat asupan kolagen. Sup yang kaya akan kolagen alami ini menjadi sajian istimewa Resto Bijin Nabe di Jakarta. Resto jaringan Tsukada Nojo asal Jepang yang dihadirkan untuk konsumen yang memperhatikan soal kesehatan dan kecantikan dirinya. 

Dokpri

MENGAPA perempuan suka dengan kosmetika? Menggunakan masker, lotion dan ragam kosmetika lainnya. Alasan paling mungkin ya untuk tampil cantik. Kulit mulus, halus tak berkeriput. Latar belakangnya adalah kosmetika itu mengandung kolagen. Tau kan, kolagen itu sangat bermanfaat bagi kualitas kesehatan kulit dan tubuh kita. 

Kolagen selain menjadi sumber protein, bersamaan dengan vitamin dan mineral diperlukan untuk membantu keseluruhan metabolisme tubuh. Tubuh kita secara alami memproduksi kolagen. Namun sayangnya terbatas oleh usia kita.

Mengutip penjelasan dermatologist, dr. Indrawati Wijaya, Sp.Kk, bahwa kolagen diproduksi oleh tubuh kita sampai usia 20 tahun saja. Dan seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun sekitar 1,5 persen setiap tahunnya. 

Setelah itu tingkat kolagen yang dihasilkan akan turun sekitar 1,5% setiap tahunnya. Seiring produksi kolagen yang melambat, struktur sel mulai kehilangan kekuatannya. Akibatnya kulit mulai menjadi rapuh, kurang elastic dan keriput mulai muncul. Nah, tentu banyak yang gak mau cepat keriput kan? Heheee. 

Oleh karena itulah kebutuhan kolagen diperlukan dari luar. Asupan kolagen bisa melalui makanan, minuman, atau pun produk perawatan. Kadang ada yang melalui suntikan kolagen, ada juga dengan suplemen.  Sering  kosmetika digunakan sebagai salah satu cara mendapatkan asupan kolagen. Namun menurut  , dr. Indrawati Wijaya kosmetika bermanfaat tapi hanya sebagai moisturizer

“Untuk benar-benar bermanfaat, kolagen harus benar-benar dimasukkan ke dalam tubuh kita," kata dr. Indrawati saat menjadi narasumber di grand opening Restoran Bijin Nabe, Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017) yang lalu.
dr Indrawati Wijaya (baju putih). (Foto bozzmadyang)

Kolagen, Apa itu?

Nah mungkin kita sering dengar tentang kolagen, namun sudahkah kita mengetahui apa sih sebenarnya kolagen itu.

Secara ilmiah, bolehlah disimak penjelasan dr Indrawati Wijaya, SpKK, saat menjadi narsum dalam grand  launching Bijin Nabe, Selasa 23 Mei 2017 lalu. Apa katanya?

“Kolagen merupakan komponen utama kulit, terutama kulit bagian dalam yang membuatnya lebih fleksibel. Selain itu juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh sebab 1/3 protein asam amino dalam tubuh manusia berasal dari kolagen. Oleh karena itu untuk menjaga keseimbangannya diperlukan tambahan asupan kolagen dari bahan alami yang lebih mudah diserap tubuh.”

Sooo dari keterangan dr. Indrawati bisa aku simpulkan, kolagen yang cukup dalam tubuh akan mempengaruhi kondisi kulit. Kulit lebih kencang, elastic, mulus, dan nampak awet muda karena bebas dari keriput. 

Itu yang dirasakan juga oleh Miss Green Tourism Indonesia 2015, Pricsilla Siregar. Menurut  Pricsilla kolagen berpengaruh dan bermanfaat bagi kulit, mata dan rambut.

“Kolagen penting, bukan saja untuk kecantikan tapi juga mempersehat tubuh, mulai dari mata, kulit dan rambut. Rambut saya tebal karena salah satunya mengkonsumsi kolagen,” katanya kepada Penulis selepas acara grand launching di resto Bijin Nabe. 

Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan itulah Priscilla mengkonsumsi ayam terutama tulang lunaknya, kulit ayam, ikan yang mengandung banyak kolagen.  Selain itu juga buah-buahan.

Priscilla Siregar (kiri) foto bareng Blogger. (bozzmadyang)

Priscilla Siregar (kiri). (bozzmadyang)
Sup Kolagen ala Bijin Nabe

Nah berkaitan dengan kolagen itu, AP Company Co., Ltd, perusahaan yang berbasis di Jepang, membuka restoran Bijin Nabe, restoran pertama di Indonesia yang menyediakan menu makanan berkolagen. Collagen Soup yang berbeda dan unik disajikan dengan menu Bijin Nabe Beauty Hotpot. Komposisinya terdiri dari kuah kaldu yang mengandung kolagen alami dan dilengkapi dengan aneka toping. 

Kaldu yang diracik Bijin Nabe berasal  berasal tulang ayam yang direbus selama lebih dari 8 jam. Kaldu sup  ini langsung didatangkan dari Jepang loorr! 

Bijin Nabe beauty hot pot (Foto bozzmadyang)
Menurut Wakako Eumura, Direktur AP Company International Singapore, saat presentasi di acara  menjelaskan bahwa sup didatangkan dari peternakan di Jepang karena ayam yang digunakan adalah ayam yang dipelihara di luar kandang dan mendapatkan perawatan serta pemilihan pakan yang tepat. Efeknya ayam lebih berdaging dan lemaknya sedikit dibandingkan ayam biasa.
Ms Wakako Eumura. (bozzmadyang)
Ehh saat melihat sup bentuknya seperti pudding loor. Itu sup yang mengental karena didinginkan.  Akan mencair setelah dipanaskan di atas kompor. Baru deh ditambahin topingnya. 
Sup kolagen yang didinginkan. (Foto bozzmadyang)
Komposisi kedua adalah toping. Ada daging ayam, seafood,  bakso, tahu, kulit tahu, sayuran, jamur dan lain-lain.  Sayuran segar, seperti jamur shitake, jamur kuping, jamur enoki, okra, akar lotus, bayam, tomat ceri, daun krisan, parutan lobak dan wortel, potongan jagung manis dan chinese cabagge. Selain itu ada tahu, tahu goreng (aburage), dan  baso ayam (tsukune). 
Aneka toping sup kolagen (Foto bozzmadyang)
Semua sajian toping itu diletakkan di dalam  kotak kayu atau disebut ‘ojyubako’. Keliatan cantik deh. Nah saat memasak Bijin Nabe Beauty Hot Pot nanti, setelah sup dipanaskan lalu toping dimasukkan satu persatu. Dimulai dari bahan yang tingkat kematangannya membutuhkan waktu lebih lama. Misalnya daging, bakso. Sementara sayuran bisa dimasukkan belakangan. 

Sebagai teman menikmati sup kolagen, ada empat macam sambal, yakni sambal rawit merah dan bawang, sambal "green onion oil", sambal rawit dengan yuzu, dan saus cabai. Khusus untuk tiga nama tersebutkan awal, khusus racikan dari Bijin Nabe. Jadi gak ada di racikan resto lainnya. Rasanya? Boleh coba. 

Ehh ada  lima jenis sup kolagen Bijin Nabe Beauty Hot Pot loorr. Ada original, pedas, sukiyaki, shabu-shabu dan seafood.  Nah kalau Bijin Nabe original, ada sayur-sayuran seperti okra, jamur, kol ungu, sawi, daun krisan, wortel, akar lotus,  tofu dan ayam.  Kandungan dari toping itu ada kandungan serat, vitamin, mineral serta protein. Sooo #madyanger bisa sesuaikan mana yang sesuai selera. 

Menikmati satu porsi sup Bijin Nabe bisa rame-rame, harga  mulai dari Rp 298 ribu untuk ukuran medium dan Rp 400 ribu untuk ukuran sup porsi besar. 

Selain Sup Kolagen, Cicipin Juga yang Ini

Bijin Nabe juga menyajikan menu lainnya selain menu andalan Beauty  hot pot. Sempat mencicipi chopped salad, yakni sayuran segar dengan beragam varian. Kolaborasi sayuran segar dengan miso sauce dan mayonaise tartar sauce ini memberikan citarasa segar dan nikmat. Salad ini dibandrol Rp 55.000. 
Chopped salad. (Foto bozzmadyang)
Deep fried skewer (Foto bozzmadyang)

Sushi burito (Foto bozzmadyang)
Dan lengkap rasanya menikmati Sushi Burito ala Bijin Nabe. Nasi berbalut nori yang dibandrol  Rp 68.000 ini lumayan enak. 

Ada juga menu deep fried skewer, gorengan dengan tampilan seperti sate. Yaaa, karena memang ditusuk pakai batang bambu. Ada olahan dari jagung muda, telur puyuh, dada ayam dan udang yang digoreng lalu dibalut tepung roti. Bentuknya juga unik. Bisa dinikmati dengan saus  yang tersedia lima rasa, ada mayonaise, red pepper mayo, yuzu pepper mayonaise, curry mayonaise dan tartar mayonaise.  

Shirokuma (Foto bozzmadyang)
Sebagai penutup ada ‘Shirokuma’, es krim imut berbentuk beruang. Lucuuu, gak tega minumnya hehee.

Sooo, bolehlah #madyanger coba menikmati menu cantik ala kuliner Jepang ini. 

Bijin Nabe By Tsukada Nojo Indonesia
Plaza Senayan, Lt.5 Jl. Asia Afrika, Senayan, Jakarta
Telp. 021-5725064
Jam buka : 10.00 - 23.00
IG: @BijinnabeID

@bozzmadyang  @rahabganendra


Related Articles

2 comments:

andrie said...

wuihhh lezat banget kelihatannya, eummm bisa jadi menu masakan dirumah nih

rahab ganendra said...

asliiiii enakk bijin nabe beauty hot potnya....kuah kaldunya berasa,topingnya variatif ;)

Post a Comment

Featured Post

Saat Tau Makanannya Gak Enak, Food Blogger Mesti Motret, Gimana Ya?

SEBAGAI Food Blogger kecuali sering icip-icip makanan dan minuman beraneka rupa, dalam   menuliskannya tentu sangat butuh foto-foto...

Google+ Followers

Viva LOG