In Goyang Lidah Review

Sensasi Kuliner ‘Rumahan’ Bernuansa Peranakan di Kedai Sirih Merah


Ikan pecah kulit.  (foto bozzmadyang)
Ini menu yang baru pertama kucicipin. Menu olahan ikan Pecah Kulit. Tampilannya ikan memanjang dan ‘montok’. Tekstur kaya daging dengan minimal tulang. Dengan bumbu Parape, ikan yang di bulan tertentu ini sulit diperoleh, tersaji menggugah selera. Di Kedai Sirih Merah, menu yang disebut Ikan Bakar Spesial ini tersaji setiap harinya. Melengkapi ratusan menu olahan pilihan lainya yang diolah secara higienis. Menikmati menu di sini, berasa makan di rumah sendiri. Kedai lekat dengan aroma Indonesia tempo doeloe yang berpadu dengan budaya peranakan diiringi lagu-lagu nostalgia tempoe doeloe.

“PULANG KE RUMAH" begitu yang aku rasakan saat menginjakkan kaki memasuki rumah lapang yang disulap menjadi kedai makanan itu. Aroma tempoe doeloe dengan eksterior rumah peranakan yang kental, dipadu gaya ala Indonesia tempo doeloe sangat lekat. 

Apalagi di bagian dalam. Mataku langsung tertuju pada sebuah foto di atas meja. Foto dengan bingkai yang bernuansa jaman dulu. Aksesoris yang melengkapi desain interior yang berasa banget ala rumahan.  
Nuansa tempoe doeloe banget (foto bozzmadyang)
 
Aksesoris di dinding (foto bozzmadyang)
Hampir setiap sudut terlihat ragam lukisan. Lukisan yang didominasi tema  kehidupan tempoe doloe. Lukisan tentang kota dan penghuninya. Humanis. Dan semua lukisan hasil karya sentuhan tangan-tangan anak bangsa. 


Lukisan (foto bozzmadyang)
Desain interior. (foto bozzmadyang)

Aneka  hiasan dinding yang unik berlantai keramik jaman doeloe, kental aksen peranakan. Lampion, lampu, paying-payung kecil, sepeda onthel serta gazebo unik di sisi belakang berasa membawa ke suatu masa. Unik, etnik dan nyaman asri.  Langsung terbayang di benak tentang rumah nenek di kampong. Dulu yang kusinggahi saat liburan sekolah.

(foto bozzmadyang)
(foto bozzmadyang)
Desain oriental. (foto bozzmadyang)


Gazebo bergaya oriental. (foto bozzmadyang)
Ikan bakar special, sapo tahu seafood, sop buntut, sate ala sirih merah, tumis jagung peda pete,  tersaji dalam satu meja. Itu menu-menu berselera bagiku. Menu-menu bagian dari 100 menu istimewa ala KEDAI SIRIH MERAH.

Gurihnya ikan bakar (pecah kulit) yang dibandrol 37,5K/ons, segarnya sapo tahu seharga 72,5K, nikmat pedas sop buntut, empuk tekstur sate dan ditutup dengan es sirih merah yang asam nikmat. Juga ayam serundeng nan khas berbandrol 59,5K. Goyang lidah banget.
Sapo tahu seafood. (foto bozzmadyang)
Terong (foto bozzmadyang)
Ayam srundeng (foto bozzmadyang)
Sop buntut. (foto bozzmadyang)
Ikan pecah kulit (foto bozzmadyang)
Sedap ikan pecah kulit. (foto bozzmadyang)
Nama-nama menu khas lokal, yang diolah dari bahan terbuat dari daging sapi, ayam, ikan, seafood serta tempe, tahu dan sayuran segar yang diolah secara higienis. 

Tak ketinggalan minuman tradisional cita rasa Indonesia seperti Teh Poci, Wedang Jahe, bandrek, kopi tubruk serta Jus buah segar hingga beragam hidangan penutup antara lain: Es Sirih Merah, Es Kopyor Durian, Es kelapa muda sirsak, Es Campur, Es Kacang Merah, Es lobi lobi disajikan dengan kesegaran beragam.

Es Sirih Merah wajib coba. (foto bozzmadyang)
Banyak pilihan ruangan. Ruangan dengan ademnya AC ataupun ruangan non AC yang berasa di teras belakang rumah. Meja-meja kecil, sedang dan besar tersedia. Bisa untuk berdua, berempat bahkan untuk rombongan yang lebih besar. Tak heran, ruangan di sini bisa digunakan untuk acara Ultah bahkan acara pernikahan dengan kapasitas 200an orang. 
(foto bozzmadyang)
 
(foto bozzmadyang)
Uniknya lagi ada ruangan yang didesain khusus, seperti ruang VIP besar dan kecil dengan tema tertentu. Dengan penanda warna, ruangan VIP mampu diperuntukkan buat 10-an orang. 

Sebut saja Ruang VIP Biru – KETENANGAN, bernuansa biru laut serta desain jajaran piring piring tempo doeloe di dinding, yang memberikan ketenangan tersendiri. 

Ruang VIP Hijau – KESEHATAN bernuansa hijau cerah dengan kapasitas hingga 10 orang. Ruang VIP Merah –KEMAKMURAN bernuansa merah meriah dengan kapasitas hingga 10 orang. Dan ruang VIP Koneng – KESUKSESAN, ruang yang mampu menampung hingga 35 orang berlantai keramik tempoe doeloe

Ruang VIP. (foto bozzmadyang)
Ruang VIP. (foto bozzmadyang)
Sooo, di sini kita bisa menikmati aneka menu dengan ragam cara. Datang dan silakan menikmati langsung makanan (Dine-In) dan merasakan nuansa rumahan ala tempo doeloenya. Atau ingin pesan antar, tersedia layanannya.   

Dan jika ingin menikmati bersama keluarga, teman dan kolega untuk acara syukuran, buka bersama, ulang tahun, pernikahan hingga catering, siap dilayani sesuai permintaan konsumen. Ehh bulan Ramadan ini ada juga paket-paketnya loorr, cek  Paket Parcel Kedai Sirih Merah di bawah ini.
 








Pastinya sensasi makan bernuansa tempoe doeloe, anda akan dapatkan di Kedai Sirih Merah. Penasaran? Yuk!

#salamKuliner

KEDAI SIRIH MERAH
Jl. Taman Kebon Sirih 1 No.5 Jakarta Pusat
Telp: (6221) 3911227  (
Pesan Antar) Fax : (6221) 3911225
Email: Kedaisirihmerah@gmail.com
FB: Kedai Sirih Merah 
IG: @kedaisirihmerah

Tersedia jasa layanan antar melalui Go-Jek & GrabFood

@bozzmadyang @rahabganendra

Related Articles

2 comments:

Agatha Mey said...

foto-fotomu bagus mas.... mbok aku di ajari nooo..

Rahab G said...

laaa ayooo yuuu, belajar bareng :)

Post a Comment

Featured Post

Saat Tau Makanannya Gak Enak, Food Blogger Mesti Motret, Gimana Ya?

SEBAGAI Food Blogger kecuali sering icip-icip makanan dan minuman beraneka rupa, dalam   menuliskannya tentu sangat butuh foto-foto...

Google+ Followers

Viva LOG