In Event

Dari Es Tak Kie Hingga Paniki, Kuliner Legendaris Kampoeng Legenda


#Madyanger, sudah tau kan, ada event kuliner Kampoeng Legenda di Mal Ciputra Jakarta?

Atau malahan sudah mampir? Keren yaaa, kulinernya tiada duanya. 90 kuliner legenda yang populer di tanah air, ada di sini.  Tercatat ini ajang kali kelima pesta kuliner tersebut digelar   Mal Ciputra Jakarta.
Nasi Liwet Kampoeng Legenda. (bozzmadyang.com)
Nasi Jambalang Cirebon. (bozzmadyang.com)
Digelar sejak 9-20 Agustus 2017, makanan daerah dari penjuru nusantara disajikan. Di event yang bahkan mengundang langsung pelaku dan ‘penjaga’ kuliner daerah itu soal makan bukan saja tentang kenyang ataupun lapar.

Namun tentang kisah-kisah dibaliknya. Kisah legenda tentang budaya melalui makanan tradisional. Mengingatkan kembali bahwa negeri kita sangat kaya ragam budaya, khususnya kuliner daerah. 

Dari Es Tak Kie sampai Paniki Tomohon

Sejak melangkah masuk dari sisi utara lower ground Mal di Jakarta Barat ini, sudah disuguhi tampilan lontong balap asli Surabaya. Lalu lebih masuk lagi Bebek Sinjay Madura, Sambel Bu Rudy Surabaya yang berdiri tahun 2000. 

Sementara di pojok dalam ada kopi legendaries, Es Kopi Tak kie yang bermarkas di Glodok. Ini Kopi terkenal dan legendaris banget. Aku pernah mampir dan merasakan langsung di markasnya. 
Racikan kopi Lampung dengan kopi lainnya menjadi kopi khas Es Tak kie. Di arena acara sebungkus kopi Tak kie dijual Rp. 60 ribu. Boleh lah dicoba, pasti nyooosss!

Ada lagi Nasi Uduk Haji Yoyo khas Betawi yang berdiri sejak 1970. Dan yang membuatku ‘merinding’ adalah menu non halal Paniki yang diusung Hang Mien Tinoor Manado yang berdiri sejak tahun 1950! Paniki tau kan yaa? Itu olahan daging kelelawar!

Paniki. (bozzmadyang.com)
Paniki seporsi dijual Rp. 100 ribu! Lumayan yaa harganya, sooo pastinya olahannya spesial. 

Dan asal tau saja Hang Mien Tinoor adalah restoran yang terkenal di Manado. Panitia mengundang khusus Hang Mien Tinoor ini untuk datang mengisi ajang kuliner tahunan ini. 
Menyajikan aneka kuliner ekstrem seperti paniki dan ragam olahan babi (non halal). Tapi ada juga olahan makanan halalnya loorr. Lokasinya bersebelahan. 
Non halal. (bozzmadyang.com)
Hang Mien Tinoor menjadi salah satu gerai dari  90 stan gerai makanan di Kampoeng Legenda. Banyak yang sudah terkenal dan menjadi destinasi wisata kuliner di daerahnya asalnya, seperti yang kusebut di atas.
Dari Semarang dan Malang. (bozzmadyang.com)

Nasi Kapau. (bozzmadyang.com)

Teh tarik. (bozzmadyang.com)

Kerennya lagi ada barisan soto nusantara. Ada 19 jenis soto yang dijual di Kampoeng Legenda. Bagi penggemar soto, di sinilah surganya. Bisa memilih dan mencicipi soto yang mungkin #madyanger belum pernah rasakan cita rasanya.   

Soo, bagi #madyanger yang demen kulineran, dan penggila menu-menu tradisional nusantara, gak perlu jauh-jauh deh, cukup ke Kampoeng Legenda Mal Ciputra Jakarta Barat saja. Ajang akan tutup Minggu, 20 Agustus 2017 loor. #SalamKuliner

IG @bozzmadyang

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Featured Post

Saat Tau Makanannya Gak Enak, Food Blogger Mesti Motret, Gimana Ya?

SEBAGAI Food Blogger kecuali sering icip-icip makanan dan minuman beraneka rupa, dalam   menuliskannya tentu sangat butuh foto-foto...

Google+ Followers

Viva LOG