Bebek Bentu, Halal Bikin Nagih


JAM masih jauh dari angka 09.00 WIB saat aku tiba di Jalan Puspiptek, ada McDonald  sebagai ancer-ancer. Lurus sekira 200an meter, sampai di Ruko Orlin Arcade, Serpong.  Tak terlalu sulit mencari uuko lokasi Bebek Bentu di kawasan Serpong, Tangerang Selatan ini berada.

Papan nama tertulis BEBEK BENTU mencolok dan besar sangat mudah terlihat. Di halaman depan ada tempat parker. Kawasannya masih belum ramai. Nampaknya masih ada ruko-ruko yang belum dioperasikan atau sedang renovasi oleh pemiliknya. Lumayanlah bisa untuk parkir sementara.

Masuk ke dalam di lantai 1 disambut dengan ruangan yang lumayan adem. Banyak meja dan kursi. Satu meja ada 4 kursi.  

Yang unik adalah desain ruangannya. Ada sepeda onthel di dekat pintu masuk. Ada hiasan roda sepeda yang menjadi pengganti huruf “O” dalam rangkaian kata FOOD di kalimat “GOOD Bebek Bentu FOOD.”  
Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)
Di bagian kana nada tulisan “Family Resto Corner.” Tersedia aneka roti  produk sendiri Bebek Bentu ada di bawahnya. Roti yang sedang promo, Rp 10000 dapet tiga biji. Murah meriah euyy.
Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Banyak juga kata-kata mutiara yang menyejukkan hati tanpa perlu berkerut dahi memahaminya. Warna cat tak terlalu terang. Ada bagian kasir di situ. Sementara di belakang ada bagian dapur, tempat  meracik 21 menu dan 18 minuman.

Naik ke lantai 2. Ada tangga berdesain khas Jawa. Kusen jendelanya kayu jadul. Ada hiasan piring dan patung bebek kecil kecil. Di lantai 2 ini lebih banyak meja dan kursinya. Tertata rapi dengan hiasan yang seperti ruang keluarga.

Ada mushola dan toilet sekaligus tempat mengambil wudhu. Ada outdoor juga. Ada meja agak besar tiga buah. Hiasan daun-daun dan tanaman menghijau. Wah ini mah lokasi surganya perokok hehe. Bukan tempat aku. Soalnya aku sudah tak merokok.  
Outdoor di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)
Mumpung masih sepi, belum datang kawan-kawan Food Blogger, aku langsung narsis-narsis. Sekali-kali dibantu Deasti, blogger yang antrean pertama datang. Ya, tempatnya instagramable.  Lihat neh foto ruangannya.
Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)
BENTU, “BEN TUman”

Oooo ternyata itu tho arti Bentu. Awalnya kupikir ini model kuliner Bali loor. Bentu! Ternyata Jowo hahaaa… Ben Tuman alias “Supaya Ketagihan” hahaa. Boleh boleh.. kreatif neh pemiliknya Pak Bangkit Kuncoro dan Ibu Siti Zulfa.

Bebek Bentu awalnya dirintis di rumah kawasan Cempaka Putih, Jakarta. Hingga kemudian berkembang ke outlet lainnya di Jatiasih Bekasi, Bintaro, Bogor dan Serpong Jaya.

Sejarahnya Bebek Bentu pertama berdiri pada 2008 di Cempaka Putih. Diikuti kemudian di Jatiasih sebagai cabang kedua yang berdiri pada 2014.

Motivasi Pak Bangkit, pria asal Surabaya Jawa Timur mendirikan Bebek Bentu, tak lepas dari kesukaannya menikmati bebek di warung-warung pinggir jalan saat di Jakarta.

“Makanan favorit saya bebek,” katanya di hadapan food blogger.  Toss Pak aku juga hehehe. 
Pak Bangkit sedang presentasikan Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)
Ngobrol bareng Pak Bangkit di Bebek Bentu. (Foto Tati Suherman)
Momen yang tak kebetulan ketika Pak Bangkit ditawari oleh pemilik warung tempat biasa makan menawarkan kerjasama. Gayung bersambut, karena  Pak Bangkit mempunyai tempat di daerah Cempaka Putih. Berdirilah Bebek Bentu yang pertama di Cempaka Putih.

Pak Bangkit memanfaatkan rumahnya disulap menjadi tempat makan. Investasi di peralatan, dekorasi ruangan dan lain-lain. Tak disangka respon pembeli bagus. Berkembanglah Bebek Bentu di Cempaka Putih itu dengan pesat. Hasilnya, Pak Bangkit membuka cabang di Jatiasih Bekasi.

Menikmati Ragam Menu Bebek dan Ikan Bebek Bentu

Sebelum bahas main course, sempat disajikan kudapan camilan pembuka. Dan ada olahan udang! Itu favorit seafoodku!  Jadi ada kebab, cumi goreng tepung dan udang goreng tepung. Lumayan banget. Suka krenyes-krenyes udang yang gede-gede. Entah aku nyomot berapa biji ya hahaa.
Cumi goreng tepung menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Kebab menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Udang goreng tepung, menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Lanjut ke menu utamanya. Terus terang selain sate, makanan favoritku itu adalah olahan bebek. Jadi senang dan bersemangat banget saat diajak join kunjungi Bebek Bentu Serpong ini. Padahal lokasinya jauh dari tempatku di Grogol, Jakarta Barat! Bayangin! Ehhh 1,5 jam-an ding.
Demi bebek jauh pun oke hahaa. (Foto @bozzmadyang)
Kesempatan puas-puasin makan bebek yang terkenal unik rempah dan sambalnya ini. Mata menjadi nanar saking ngences saat satu persatu menu dikeluarkan dari sarang dapur. 
Blogger di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Blogger di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Oiya ini olahan bebek lokal yaa. Kesanku adalah olahan bebeknya gak amis dan empuk. Meski bebek lokal, mudah dinikmati. Mau tau menunya apa aja? Ini dia.

1. Bebek Cemeng

Ini menu andalan dan aku bilang signaturenya Bebek Bentu. Cemeng artinya hitam, meski tak terlalu hitam banget, pastinya lebih hitam dari menu bebek lainnya. Kok bisa hitam ya?

Itu karena dimasak dengan bumbu-bumbu khas.  Dipadu dengan sambal bersama irisan ketimun, selada, tomat, dan nasi dengan taburan kremes.  Empuk dagingnya, kuat rasa di lidah.
Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)
2. Bebek Original  

 Ini bebek goreng biasa sih, dipadu dengan kayak sambal bawang. Sukaaa! Asli ini favorit jugah. 
Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

3. Bebek Cabe Ijo

Sesuai namanya, warnanya juga kehijauan segar gak layu. Sambalnya wuiih nampol gilak, bikin semangat dan “on” seperti warna hijau segarnya.  
Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)
4. Bebek Bentu Sambal Kecombrang 

Di beberapa daerah di Indonesia, kecombrang atau honje dibuat sebagai salah satu bahan dasar pecel seperti di Banyumas. Sementara di Pekalongan sebagai campuran nasi megana. Nah, di Singapura dan Malaysia sebagai bagian penting untuk  campuran laksa.

Nah ini menu andalan juga. Bebek dengan taburan potongan kecombrang, irisan bawang merah, irisan cabe rawit. Dagingnya matang sempurna terbukti dengan empuk dan teksturnya yang ga liat juga segar.
Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)


5.  Gurame Hantu Petir Pedas

Wuihh liat tampilan menu olahan ikan ini bikin ngencess beneran. Apalagi dari namanya sadezz euyy. Bayangan pedasnya terasa. Dagingnya tebal  dan gak amis bikin puas makannya.  Warna ikannya hitam seperti habis disambar petir hahaha.

Lengkap dengan potongan cabe merah, cabe rawit, bawang bombay, dan kayak ada sagunya getu ya. Lengket. Ini aku suka. Buatku pedasnya masih bisa kuatasi haha.
Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

6. Gurame Asam Manis

Ini olahan Gurame melengkapi Gurame hantu petir di atas.  Dagingnya lembut berbalur tepung dan tak tercium bau amis.  Saus terasa kuat membawa cirri tersendiri gurame asam manis ini.
Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)
7. Udang Bakar Saos Bentu

Ini dia jenis seafood yang aku suka, udang! Olahan udang bakar termasuk jarang kutemui ehh kebanyakan goreng tepung hehee. 

Dan ini benar-benar nyosss, bikin sensasi lidah. Udang dibakar kasih saos Bentu yang khas. Digigit kresss, langsung gurihnya membara.  Ini menu yang terbayang terusss.
Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

8. Ayam geprek keju  


Nah ini menu ayam goreng geprek taburin keju. Sensasianl juga.
Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

9. Ayam geprek original  

Ini biasa kita temui. Ayam goreng original. Rasanya menu ayam ini untuk memenuhi keinginan yang gak suka bebek. Secara ini menu family. Pas dengan konsep Bebek Bentu sebagai resto segmen keluarga.
Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

10. Chicken steak crunchy  
Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)


11. Grilled beef saos blackpepper  

Beef olahan yang aku suka juga. Kalau dagingnya empuk, gak liat dengan bumbu hard core aku lebih suka. Menikmati ini, sesuai dengan seleraku.
Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

12. Spaghety AOP smoke beef  
Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

13. Capcay goreng sea food  

Ini menu sayuran plus seafood. Segerrrr tenann.
Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)
14. Hot plate kangkung  

Kangkung sukaa bangetttt. Menu hijau jangan lupa yaaa, jangan makan daging semua hahaaa. Komplet deh di Bebek Bentu inih.
Menu di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Minuman Bebek Bentu Serpong Jaya

Banyak pilihan minuman dimare gaes. Ada 18 macam. Sayang aku gak kuat kalau cicipin semua dalam satu waktu hahaa. Bahaya, isi air semua dong.  

Ini dia kesegaran yang ditawarkan Bebek Bentu dimare.  Ada Cookies bland perpaduan cappucino oreo, juz melon, juz mangga, juz alpukat, juz belimbing, dan juz kedondong.  Kamu pilih mana?   
Cookies Bland. (Foto @bozzmadyang)
Juz mangga dan alpukat di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)

Minuman di Bebek Bentu Serpong Jaya, Tangerang Selatan, Banten. (Foto @bozzmadyang)
Aku cobain yang mangga, alpukat dan dondong.  Wajib coba jus kedondong kalau kemare yesss.

Ehh ada Roti Maryam juga looorr. Suaklah ini cuman gak bisa makan banyak, udah kekenyangan hehee. Nyicip dulu ajah, kapan-kapan balek.

Roti Maryam Original (Foto @bozzmadyang)

Roti Maryam Coklat Keju (Foto @bozzmadyang)

Roti Maryam Es Krim (Foto @bozzmadyang)

Tampilannya cakep-cakep yaaa.

Sooo, bagiku kehadiran Bebek bentu yang “merajalela” dari bekasi, Jakarta, Bogor, Bintaro dan Tangsel ini memberikan pilihan bagi penikmat kuliner dengan citarasa yang berbeda. 

Keunikan rempahnya dan sambal yang hardcore, racikan olahan bahan yang sedemikian berkualitas sempurna menjadi factor kenikmatan menu yang tak akan mengecewakan penikmatnya.

Aku sudah mencicipi banyak menu. Kamu kapan?

Facebook: bebek bentuInstagram: @bebekbentu14Twitter: @BebekBentu14

Bebek Bentu Cempaka Putih
Alamat: Jl. Cempaka Putih Barat 26 No.19, RT.5/RW.7, Cemp. Putih Bar., Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Bebek Bentu Jatiasih Bekasi
Alamat: Jl. Wibawa Mukti II No.43, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat

Bebek Bentu Bintaro
Alamat: Ruko Acacia Arcade II No.9, Jl. Jombang Raya, Pondok Aren, Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten

Bebek Bentu Bogor
Jl. Dadali No. 10, Tanah Sareal, Bogor

Bebek Bentu Serpong Jaya
Ruko Orlin Arcade No.8 PERUM SERPONG JAYA

JALAN PUSPIPTEK RAYA SERPONG – TANGERANG SELATAN


@bozzmadyang @madyanger

No comments:

Post a Comment